Pengembangan Profesi Keguruan dalam Perspektif Islam – Abuddin Nata

Kategori: 2019 » Pendidikan » Perguruan Tinggi » Produk Buku | 95 Kali Dilihat
Pengembangan Profesi Keguruan dalam Perspektif Islam – Abuddin Nata Reviewed by mur joko on . This Is Article About Pengembangan Profesi Keguruan dalam Perspektif Islam – Abuddin Nata

Dewasa ini bangsa Indonesia tengah berjuang untuk menjadi bangsa yang sejajar, bahkan melebihi kemajuannya dibandingkan bangsa-bangsa lain di dunia. Pendidikan dalam arti seluas-luasnya dipercaya untuk mewujudkan cita-cita yang demikian itu. Pendidikan harus mampu menghasilkan manusia yang unggul dan bermutu tinggi baik secara moral (heart), intelektual (head) maupun keterampilan (hand). Dalam… Selengkapnya »

Rating: 1.5
Harga:Rp 109.000

Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU : RAJAWALI : 978-602-425-579-4
0,7 Kg
12-04-2020
Detail Produk "Pengembangan Profesi Keguruan dalam Perspektif Islam – Abuddin Nata"

Dewasa ini bangsa Indonesia tengah berjuang untuk menjadi bangsa yang sejajar, bahkan melebihi kemajuannya dibandingkan bangsa-bangsa lain di dunia. Pendidikan dalam arti seluas-luasnya dipercaya untuk mewujudkan cita-cita yang demikian itu. Pendidikan harus mampu menghasilkan manusia yang unggul dan bermutu tinggi baik secara moral (heart), intelektual (head) maupun keterampilan (hand). Dalam pada itu, hampir semua pakar pendidikan sepakat, bahwa di antara komponen pendidikan yang paling menentukan dalam meningkatkan mutu lulusan pendidikan adalah guru. Itulah sebabnya, strategi peningkatan mutu lulusan pendidikan dimulai dari peningkatan mutu para guru.

Pekerjaan mendidik, mengajar, atau melatih sebagaimana yang dilakukan para guru adalah pekerjaan seorang profesional. Yaitu pekerjaan yang selain didasarkan pada kompetensi akademik, pedagogik, kepribadian dan sosial, juga atas panggilan jiwa dan cita-citanya untuk mengabdi bagi kepentingan kemanusiaan, dengan cara membantu manusia mewujudkan cita-cita dan impiannya melalui pendidikan. Melalui guru yang profesional seperti itulah dapat dihasilkan manusia yang memiliki wawasan budaya Indonesia yang Pancasilais dan Islami. Yaitu manusia yang terbina daya rasa (heart), cipta (head), dan karsa (hand) nya secara seimbang. Melalui manusia-manusia yang demikian itulah pengembangan ilmu pengetahuan, kebudayaan dan peradaban bangsa maju yang didasarkan atas nilai-nilai Pancasila, budaya bangsa dan ajaran Islam dapat diwujudkan.

Buku yang ada di tangan pembaca yang budiman ini dimaksudkan untuk menyediakan bahan rujukan untuk mengembangkan profesi keguruan dalam perspektif Islam yang bersifat humanism-teosentris. Yakni tidak semata-mata berdasarkan gagasan dan pemikiran manusia yang serba terbatas saja, melainkan juga berdasarkan ajaran dari Allah Swt. yang Maha Sempurna dalam segalanya. Melalui buku ini, selain diperkenalkan tentang berbagai model pengembangan kompetensi profesi keguruan, juga diperkenalkan tentang strategi peningkatan mutu profesi keguruan pendidikan agama Islam, pendidikan anak usia dini, bimbingan (guidance) dan penyuluhan (counseling), penilaian hasil belajar, macam-macam cara memotivasi siswa, serta pengembangan kompetensi guru dalam pengembangan Kurikulum 2013. Buku ini dirasa semakin dibutuhkan untuk mendukung program Pendidikan Profesi Keguruan (PPG) yang saat ini sudah mulai dilaksanakan pada berbagai perguruan tinggi di tanah air.

Penulis: Abuddin Nata
ISBN: 978-602-425-579-4
Halaman: 378
Ukuran: 15,5 X 23 cm
Tahun Terbit: 2019

Tag: , , , ,

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter