Sosiologi Lingkungan – Rachmad

Kategori: 2015 » Perguruan Tinggi » Produk Buku » Sosiologi | 148 Kali Dilihat
Sosiologi Lingkungan – Rachmad Reviewed by mur joko on . This Is Article About Sosiologi Lingkungan – Rachmad

Dalam kajian sosiologi klasik, pembahasan mengenai lingkungan kurang mendapat tempat. Berpulang pada diusungnya faham antroposentrisme yang menjadikan manusia sebagai titik pusat pembahasan, alam pun turut terpisahkan dari analisis sosiologis. Namun, dalam era di aman alam semakin terekploitasi oleh perkembangan tekonologi dan kebutuhan manusia yang terus bertambah, kajian sosiologi lingkungan menemukan… Selengkapnya »

Rating: 4.5
Harga:Rp 56.000

Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU : RAJAWALI : 978-979-769-185-1
0,7 Kg
12-04-2020
Detail Produk "Sosiologi Lingkungan – Rachmad"

Dalam kajian sosiologi klasik, pembahasan mengenai lingkungan kurang mendapat tempat. Berpulang pada diusungnya faham antroposentrisme yang menjadikan manusia sebagai titik pusat pembahasan, alam pun turut terpisahkan dari analisis sosiologis. Namun, dalam era di aman alam semakin terekploitasi oleh perkembangan tekonologi dan kebutuhan manusia yang terus bertambah, kajian sosiologi lingkungan menemukan relevansinya. Dimulai dari pemahaman evolutif bahwa manusia dulunya dikendalikan oleh alam, melauli buku ini digambrakan bagaimana saat-saat kehidupan manusia masih sepenuhnya tergantung kepada alam. Perkebangannya kemudian, manusia mulai mengambil alih posisi alam dan menaklukkannya. Revolusi pengetahuan pada era pencerahan yang ditandai kemunculan filsafat rasionalisme dan revolusi di bidang industry menegaskan bahwa alam sangatlah mungkin untuk dikendalikan.

Efek kerusakan linhkungan membuat beberapa asumsi dasar pembangunan kerap dipertanyakan. Pembangunan tidak lagi dipahami sebatas akumulasi modal tanpa henti, tetapi pembangungan harus memerhatikan unsure keterbatasan alam di dalamnya. Implikasinya dapat dilihat pada gerakan-gerakan sosial yang menjamur di sekitar tahun 1960-an. Mereka mulai memasukkan unsure lingkungan ke dalam agenda politiknya seperti diperlihatkan oleh gerakan ekofeminisme dan ekonsentrisme. Kesemuanya merupakan titik balik mausia dari entitas perusak lingkungan menuju kesadaran sebagai pejuang lingkungan.

Diskursus dalam buku ini berkeinginan menyebarkan perdebatan isu lingukang di tengah panasnya isu internasional seperti global warming maupun sustainable development. Isu-isu tersebut berkaitan erat dengan sikap kita terhadap alam. Jalan panjang menanti kontestasi antardiskursus lingkungan vis a vis pandangan bervorak antroposentris. Di titik ini peranan teks sosiologi lingkungan mendapatkan signifikansinya, yaitu: memperkuat dan memperluas barisan pejuang lingkungan sekaligus membentuk wajah sosiologi baru yang ramah lingkungan.

Penulis: Rachmad K. Dwisusilo
ISBN: 978-979-769-185-1
Halaman: 240
Tahun Terbit: 2008

Tag: , , ,

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter